Minggu, 19 Oktober 2014

SEBUTKAN PENGERTIAN KOPRASI DARI BEBERAPA TOKOH




SEBUTKAN PENGERTIAN KOPRASI DARI BEBERAPA TOKOH

Pengertian sejarah konsep dan prinsip koperasi tugas cache miripnov pengertian koperasi menurut para ahli menjelaskan selanjutnya mengenai hal hal apa saja yang ada dalam manajemen koperasi dasar dasa rkoperasi implementasi dalam manajemen cache mirip pendekatan nominalis dengan pelopornya paraahli ekonomi koperasi dari universitas Philippsmarburgme rumuskan pengertian koperasi dasar sifat pengertian koperasi definisi manajemen this site cats pajamas cache pengertian manajemen menurut.
APA SAJA JENIS KOPERASI ?
Jeniskoperasididasrkanpadakesamaanusahaataukepentinganekonomianggotanya.Dasaruntukmenentukanjeniskoperasiadalahkesamaanaktivitas, kepentingandankebutuhanekonomianggotanya.Jenisnyaadalah :
A.    KoperasiProdusen.
Koperasiprodusenberanggotakan orang orang yang melakukankegiatanproduksi (produsen).Tujuannyaadalahmemberikankeuntungan yang sebesarbesarnyabagianggotanyadengancaramenekanbiayaproduksiserendahrendahnyadanmenjualprodukdenganhargasetinggitingginya. Untukitu, pelayanankoperasi yang dapatdigunakanolehanggotaadalahPengadaanbahanbakudanPemasaranprodukanggotanya.
B.     KoperasiKonsumen
Koperasikonsumenberanggotakan orang orang yang melakukankegiatankonsumsi.Tujuannyaadalahmemberikankeuntungan yang sebesarbesarnyabagianggotanyadengancaramengadakanbarangataujasa yang murah, berkualitas, danmudahdidapat. Contoh :
Ø  koperasisimpanpinjam
Ø  koperasiserbausaha ( konsumen)
PengertianKoprasi
KoperasiadalahAsosiasi orang orang yang bergabungdanmelakukanusahabersamaatasdasarprinsipprinsipkoperasi, sehinggamendapatkanmanfaat yang lebihbesardenganbiayarendahmelaluiperusahaan yang dimilikidandiawasisecarademokratisolehanggotanya.Asosiasiberbedadengankelompok, asosiasiterdiridari orang orang yang memilikikepentingan yang sama, lazimnya yang menonjoladalahkepentinganekonomi.
Tujuankoperasiyaitumenjadikankondisisosialdanekonomianggotanyalebihbaikdibandingsebelumbergabungdengankoperasi.
PengertianKoperasiMenurutparaAhli
Koperasiadalahorganisasiekonomirakyat yang berwataksosial, beranggotakan orang-orang ataubadan-badanhukumkoperasi yang merupakantatasusunanekonomisebagaiusahabersamaberdasarkanatasasaskekeluargaan (Pasal 3 UU No. 12 Tahun 1967).Dalampengertian yang lain, yaknidalamPasal 1 No.  UU RI No. 25 Tahun 1992 tentangperkoperasian, menegaskanbahwa yang dimaksudkandengankoperasiadalahbadanusaha yang beranggotakan orang seorangataubadanhukumkoperasidenganmelandaskankegiatannyaberdasarkanprinsipkoperasisekaligussebagaigerakanekonomirakyat yang berdasarkanatasasaskekeluargaan.

  • Menurut International Labour Organization (ILO): Cooperative defined as an association of person usually of limited means, who have voluntarily joined together to achieve a common economic end through the formation of a democratically controlled business organization, making equitable contribution to the capital required and accepting a fair share of the risk and benefits of the undertaking.
  • MenurutArifinalChaniago: Koperasiadalahsuatuperkumpulanberanggotakan orang-orang ataubadanhukum, yang memberikankebebasankepadaanggotauntukmasukdankeluar, denganbekerjasamasecarakekeluargaanmenjalankanusahauntukmempertinggikesejahteraanjasmaniahparaanggotanya.
  • Menurut P.J.V. Dooren: Koperasitidaklahhanyakumpulan orang-orang, akantetapidapatjugamerupakankumpulandaribadan-badanhukum(corporate).
  • MenurutMoh. Hatta: Koperasiadalahusahabersamauntukmemperbaikinasibpenghidupanekonomiberdasarkantolong-menolong. Semangattolongmenolongtersebutdidorongolehkeinginanmemberijasakepadakawanberdasarkanprinsipseorangbuatsemuadansemuabuatseorang.
  • MenurutMunkner:Koperasiadalahorganisasitolongmenolong yang menjalankanurusniagasecarakumpulan, yang berazaskankonseptolongmenolong. Aktivitasdalamurusanniagasemata-matabertujuanekonomi, bukansosialseperti yang dikandunggotongroyong.
  • Menurut UU No. 25 1992:Koperasiadalahbadanusaha yang beranggotakan orang seorangataubadanhukumkoperasi, denganmelandaskankegiatannyaberdasarkanprinsipkoperasisekaligussebagaigerakanekonomirakyat, yang beradasarkanatasazaskekeluargaan.


SUMBER :
http://emperordeva.wordpress.com/about/makalah-pengertian-koperasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar